Pages

5 Keeper Pencetak Gol Terbanyak

Kiper-kiper yang kerap mencetak gol ini pun tidak hanya mengoleksi 1 atau 2 gol saja, bahkan angka yang diraih banyak mencapai dua digit.

Ini adalah daftar lima kiper yang paling banyak menjebol gawang lawan, menurut blog.sport.co.uk:

5. Johnny Martin Vegas Fernandez - 37 Gol
Pemain asal Peru ini berada diperingkat lima pencetak gol terbanyak untuk seorang kiper. Dari 37 golnya, 29 gol tercipta dari titik penalti.

Fernandez saat ini bermain di klub Cienciano dan berhasil membuat tiga caps bersama tim nasional. Sayang dia tidak berhasil mencetak satu gol pun dilaga internasional.

4. Jorge Campos & Rene Higuita - 38 Gol
Keduanya adalah kiper-kiper eksentrik di jagad sepakbola dunia.

Higuita terkenal dengan 'scorpion kick'nya saat melawan Inggris di Wembley, tahun 1995. Sepanjang karirnya dia telah mencetak 38 gol.

Campos juga tidak kalah nyentrik. Dengan tinggi hanya 167 cm, kiper yang sering memakai kostum warna-warni ini berhasil mengoleksi 129 caps bersama timnas Mexico. Selama karirnya Campos mencetak 38 gol.

3. Dimitar Ivankov - 42 Gol
Nama ini mungkin dikenal oleh pendukung Manchester United. Ivankov tampil saat timnya, Bursapsor bertemu dengan MU di Liga Champions musim ini.

menghabiskan 10 tahun di Levski Sofia, Ivankovic pindah ke Turki untuk Kayserispor sebelum akhirnya pindah keklubnya sekarang.

Dalam usianya yang sudah mencapai 35 tahun, mantan kiper nasional Bulgaria ini mungkin saja akan terus menambah pundi-pundi golnya.

2. Jose Luis Chilavert - 62 Gol
Kiper eksentrik ini sering menjadi pusat perhatian dilapangan hijau dengan sikapnya yang urakan dan tendangan bebasnya yang mematikan.

Walaupun di cap bad boy, Chilavert sukses menjadi kiper terbaik dunia sebanyak tiga kali sepanjang karirnya. Dia mencetak 62 gol termasuk delapan gol bersama timnas Paraguay.

Dia juga tercatat sebagai satu-satunya kiper yang berhasil mencetak hat-trick ketika membuat klubnya Velez Sarsfield menang 6-1 melawan Ferri Carril Oeste.

1. Rogerio Ceni - 100 Gol
Kiper Brazil berusia 38 tahun itu berhasil menembus tiga digit akhir pekan lalu, dengan sebuah tendangan bebas yang mungkin membuat David Beckham memberikan tepuk tangan.

Selama karir profesionalnya, Ceni rata-rata mencetak satu gol dalam 4.3 pertandingan. Dia juga algojo penalti nomor satu Sao Paolo.

Dia diakui FIFA sebagai kiper yang berhasil mencetak gol paling banyak dalam sejarah. Bahkan Ceni hanya selisih 38 gol dibelakang penyerang Inggris, Emile Heskey.

2 komentar:

zakifarrosiblog mengatakan...

tukar link sih ja

Unknown mengatakan...

siip

Posting Komentar