Pages

7 Tempat Indah yang Memiliki Ekosistem Yang Unik

1. Mount Bosavi, Papua New Guinea

Papua Nugini merupakan negara dengan kekayaan alam yang luar biasa, di balik kekayaan alamnya yang luar biasa, Papua Nugini memiliki keadaan alam yang sangat extreme. Belum semua tempat di negara ini terjelajahi. Tempat ini memiliki hewan-hewan yang belum pernah ditemukan sebelumnya seperti ; tikus berukuran rasaksa yakni sebesar kucing, katak yang memiliki gigi dan masih banyak lagi.Hewan-hewan aneh tersebut ditemukan di gunung Bosavi. Gunung Bosavi sangat terisolir dari dunia luar.


2. Pulau Mona, Puerto Rico

Pulau Mona terletak di tengah Mona Passage dan secara administratif merupakan bagian dari Puerto Rico. Ini adalah yang terbesar dari tiga pulau yang terletak di selat, yang lain adalah Pulau Monito and Pulau Desecheo.Pulau ini ditemukan oleh Columbus tahun 1493, selama perjalanannya yang kedua ke Dunia Baru. Pulau Mona telah menjadi cagar alam sejak 1919 dan tak berpenghuni lebih dari 50 tahun.Karena topografi dan ekologi yang unik maka Mona, Desecheo dan Monito telah dijuluki sebagai “Kepulauan Galapagos Karibia”.Iguana Mona yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia, dianggap spesies yang paling spektakuler di pulau itu.Sebagai herbivora asli terbesar yang berasal dari ekosistem ini, maka sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara iklim dan vegetasi.Pulau ini juga rumah bagi banyak gambar gua yang ditinggalkan oleh penduduk pulau pada masa pra-Columbus.

 


3. Christmas Island

Pulau Natal adalah sebuah wilayah luar negeri Australia yang terdiri dari 1 Pulau. Pulau ini terletak di dekat Pulau Jawa, tepatnya di sebelah barat daya Pulau Jawa. Iklimnya merupakan iklim tropis.
Pulau Christmas yang merupakan wilayah dari Australia di Samudera Hindia terletak 2.600 kilometer (1.600 mil) dari arah barat laut kota Perth, Australia Barat, 500 km (310 mil) dari arah selatan Jakarta,Indonesia dan 975 km (606 mil) dari Pulau Cocos (Keeling).Pulau ini memiliki populasi sebesar 1.402 warga yang tinggal di sejumlah "daerah pemukiman" di ujung utara pulau: Flying Fish Cove (juga dikenal sebagai Kampung), Kota Perak, Poon Saan, dan Drumsite.Pulau ini terisolasi secara geografis dan jauh dari jangkauan manusia hingga abad ke-19. Tidak mengherankan jika berbagai flora dan fauna endemik di pulau ini relatif tidak terganggu. Kondisi ini merupakan hal yang penting untuk para ilmuwan dan naturalists. Di Pulau ini terdapat migrasi kepiting terbesar didunia.



4. Pulau Lord Howe, Australia

Pulau ini berada di samudra pasifik. Sangat jauh dari keramayan dan terisolasi dari dunia luar.Kata ‘nirwana’ kerap digunakan untuk melukiskan Pulau Lord Howe yang tercatat sebagai Warisan Dunia, yang terletak di Laut Tasman, dan bisa dijangkau dengan penerbangan kurang dari dua jam dari Sydney atau Brisbane. Hanya 400 pengunjung yang diizinkan dalam sekali waktu. Sepeda adalah alat transportasi terbaik untuk berkeliling dan tempat ini tidak terjangkau sinyal telepon seluler. Anda dapat berjalan kaki di sepanjang pantai berpasir putih, snorkeling di terumbu karang paling selatan dunia serta menjelajahi hutan palem menuju puncak Gunung Gower. Tinggalkan tekanan gaya hidup modern di nirwana alami ini, sementara tetap menikmati kenyamanan modern seperti restoran, spa  dan penginapan mewah.



5. Mount Roraima, Venezuela

Bentuk dari gunung Roraima ini sangatlah unik. Bentuknya seperti meja rasaksa yang berada diatas awan. Gunung ini terletak di negara Venezuela. Satu-satunya cara mencapai kemeja rasaksa ini hanya dengan tangga yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat, cara lainnya hanya dengan memanjat tebing gunung ini.



6. Galapagos island

Kepulauan Galapagos adalah pulau yang memiliki ekosistem yang sangat unik. Hewan-hewan disana memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari hewan-hewan biasanya. Kepulauan Galapagos ini memiliki kekayaan alam yang berlimpah dari mulai daratannya hingga lautannya. Pulau ini membatasi pengunjung yang datang kesini, karena dikhawatirkan mengganggu ekosistem unik yang sudah ada.



7.Komodo National Park, Indonesia

Pulau ini terletak di proinsi Nusa Tenggara Timur. Seperti namanya, disini terdapat kadal terbesar didunia, Komodo, yang hanya ada di Indonesia. Selain Komodo, Pulau ini juga banyak menyimpan keanekaragaman hayati yang indah, terumbu karang yang kaya akan warna.






0 komentar:

Posting Komentar